• Posted by : Jessica Yeo Saturday, May 20, 2017



    Hemat pangkal kaya. Pasti kalian tidak asing dengan kata-kata itu. Menabung adalah salah satu cara untuk menghemat uang. Menyisihkan uang tentu bukanlah hal yang mudah bagi orang yang mudah tergoda untuk membeli ini itu. Kehidupan boros itu sangat tidak baik karena kita mengeluarkan uang untuk hal yang terkadang kurang penting. Terkadang, ada beberapa orang tidak bisa mengontrol pengeluaran dan pendapatannya (uang jajannya), sehingga menyesal di kemudian hari. Aku disini mengajak teman-teman yang masih bersekolah untuk menyisihkan uang kalian untuk masa depan :) Berikut ini adalah tips menabung ala anak sekolahan:


    1. Selalu sediakan celengan di rumah

    Foto Jessica Yeo.

    Kalian harus menyediakan celengan di rumah. Celengannya usahakan yang sulit untuk dibuka dan kalau bisa, yang hanya bisa dibuka sekali. Setiap hari, sebelum ke sekolah, masukkan sedikit uang jajan ke dalam celengan. Ingat! Jangan pernah menunggu sisa untuk ditabung, tetapi pisahkan uang yang mau ditabung. Misalnya, uang jajanmu 10ribu. Sebelum pergi sekolah, aku sudah masukin 5ribu ke dalam celengan. Dan jika pulang sekolah masih ada sisa, masukin lagi ke dalam celengan :)

    2. Buat buku tabungan

    Foto Jessica Yeo.

    Di sekolahku ada Bank Mini, jadi aku sering menyimpan uang disana. Karena bank mini jauh dari kelasku, jadinya aku malas untuk menarik uang, sehingga aku malas juga untuk jajan. Ini adalah salah satu cara menghemat ala aku. Kalian juga bisa membuat buku tabungan di bank lain :) Angka di dalam buku tabungan itu (apalagi jumlah besar), bisa menambah semangat kita untuk lebih giat menabung untuk masa depan seperti untuk kuliah, untuk modal kerja dan lain-lain. (Maaf buku tabunganku jelek :'v)

    3. Bawa bekal ke sekolah

    Foto Jessica Yeo.

    Jangan malu untuk bawa bekal ke sekolah. Makanan yang dimasak mama lebih aman daripada makanan yang dibeli di luar sana! Terkadang kalau mama lagi bepergian, aku rela-relain untuk bangun pagi membuat bekal sendiri. Ini lebih hemat dibanding kamu harus membeli makanan di kantin/ Makanan yang kubawa juga lebih bervariasi. Kalau kantin jualannya biasanya itu-itu aja, jadinya bosan kan :'v Atau buat kamu yang gak sempat masak lauk, kamu bisa bawa tempat bekal yang isinya nasi dari rumah, lalu beli lauk di sekolah. Biasanya lauk disekolahku murah sih, sekitar 5ribu lah paling mahal. Kalau untuk air, aku saranin bawa dari rumah aja daripada beli di tempat lain, mahal soalnya.

    4. Sumbangan

    Foto Jessica Yeo.

    Menurutku ini berpengaruh banget. Kata orang, lebih banyak memberi maka kamu bakal menuai lebih banyak. Jadi jangan lupa buat sisihkan sedikit uang untuk membantu orang lain. Biasanya aku memberikan minimal 5ribu untuk teman sekolah yang orang tuanya meninggal. Jangan ragu buat memberikan lebih guys! Tetapi sesuaikan juga dengan kondisi kalian ya :) Jangan sampe 1minggu gak makan ya! Dan menyumbangkan itu jangan pernah mengharapkan kembali. Kalian harus ikhlas membantu orang, rejeki kita itu bukan 100% milik kita :)

    5. Buka usaha kecil-kecilan

    Foto Jessica Yeo.

    Usaha apapun asalkan itu halal. Kalian bisa membuka usaha membuat kue bolu, jualan koin line atau apapun itu. Kalau aku memilih membuka olshop yang menjual apa saja. Aku suka menjual alat tulis, tas dan makeup. Meskipun tidak setiap hari ada pelanggan, kalau kamu tekunin, bakal rame kok :) Don't give up. Ini bisa menambah uang tabungan kalian. Meskipun untungnya sedikit, tetapi kalian tetap harus bersyukur ya ^^


    Itu saja tips dariku. Kalau ada tambahan bisa comment saja :) Semoga bermanfaat ya!

    { 2 comments... read them below or Comment }

    1. Terimkasih infonya. Jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2OZLaHI

      ReplyDelete
    2. wah thanks banget nih artikelnya sangat membantu buat referensi saya..
      Nah ini saya pengin sharing artikel yang membantu mengubah hidup saya juga, silahkan di baca dan resapi :
      Menabung di peer to peer lending

      ReplyDelete

  • Copyright © - My Daily Life

    My Daily Life - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan